Home » , » Cara dan Persyaratan Mutasi Tunjangan Profesi atau Sertifikasi

Cara dan Persyaratan Mutasi Tunjangan Profesi atau Sertifikasi



Berbagai hal dapat menjadi alasan sehingga seorang guru harus menempuh proses mutasi.
Terlepas dari alasan-alasan tersebut, selain harus menempuh prosedur administrasi yang biasanya cukup panjang, yang perlu juga menjadi perhatian yakni mengurus beberapa prosedur tambahan agar tunjangan profesi tidak terkendala kemudian.

Mutasi Antar Sekolah dalam Kabupaten/Kota


Untuk mutasi dalam daerah, setelah surat keputusan tentang mutasi diterima, maka segera melaporkan kepada Kepala Sekolah asal dengan membawa foto copy SK mutasi, dan kemudian menyampaikannya juga kepada Operator Dapodik Sekolah asal untuk dientri atau diregistrasi PTK keluar. Jika dimungkinkan, setelah diregistrasi keluar. mintalah operator dapodik sekolah asal untuk segera melakukan sinkronisasi agar perubahan data pada dapodik sekolah asal masuk ke server dapodik pusat. Setelah itu, dengan membawa SK mutasi juga segera melapor kepada Kepala Sekolah baru, dan memberitahukan kepada Operator Dapodik Sekolah baru. Selanjutnya mintalah formulir PTK, sebisa mungkin secepatnya untuk diisi berbagai data yang diperlukan. Mintalah kepada operator dapodik sekolah baru agar sesegera mungkin setelah formulir PTK yang telah diisi untu dientry kedalam aplikasi dapodik kemudian melakukan proses sinkronisasi, agar history perpindahan PTK secepatnya terekam di server dapodik.

Mutasi Antar Daerah


Untuk mutasi antar daerah, tahap pertama sama dengan prosedur nomor 1 di atas. Setelah itu PTK mutasi harus melapor kepada operator tunjangan di dinas pendidikan kabupaten kota. Agar data data si PTK yang ada diaplikasi SIMTun oleh operatornya juga dimutasikan. 
Setelah itu, Si PTK menemui operator SIMTun di daerah yang baru untuk melaporkan mutasinya dengan maksud agar dimasukkan data-datanya pada aplikasi SIMTun daerah yang baru. Prosedur selanjutnya sama dengan langkah di atas.
Adapun syarat yang harus dipersiapkan oleh guru yang mutasi adalah :

Syarat syarat Pemberkasan Mutasi Guru Antar Kab/Kota

  1. Ijazah sertifikasi yang di legalisir LPTK
  2. SK Gaji berkala Baru/Akhir
  3. NRG (Nomor Registrasi Guru)
  4. Foto copy No. Rekening baru apabila ada perubahan
  5. Data instansi tempat tugas yang baru dan lama
  6. SK Mutasi dari daerah asal dan SK pengangkatan di daerah baru.

Pemberkasan mutasi dari Sekolah Binaan Kementerian Agama ke Sekolah Binaan Kemdiknas

  1. Ijazah sertifikasi yang dilegalisir LPTK
  2. SK Gaji berkala Baru/Akhir
  3. NRG (Nomor Registrasi Guru)
  4. Foto copy No. Rekening baru apabila ada perubahan
  5. Data Jumlah beban mengajar min. 24 jam/perminggu
  6. Tempat tugas mengajar yang baru
  7. SK Mutasi dari sekolah asal
  8. SK pemberhentian tunjangan dari Kementerian Agama


9 komentar :

  1. berdasarkan Permendiknas No 15 Tahun 2018 untuk pencairan TPP dengan jumlah jam minimal 12 JP di sekolah induk, saya kekurangan jam di sekolah induk yaitu SMA swasta di Kab Mojokerto.....selama ini saya mendapat tambahan jam dari SMK swasta di Kab Gresik, dan jumlahnya sangat banyak.......mapel yang saya ampu adalah mapel ekonomi degn kode 210 sedangkan tambahan jam saya adalah akuntansi di SMK swasta di Gresik, misalnya sekarang saya pindah induk ke SMK swasta di Gresik apakah berpengaruh terhadap TPP saya.....dan mohon caranya bagaimana......terimakasih sebelumnya admin

    BalasHapus
  2. Sy S1 BK trsrtfiksi sbgi guru kls di TK klu Sy pindah ke SMP bagaimana dgn tunjangan profesi sy

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama nih permadlahan sy. darijenajang tk apakah bisa sertifikasi nya di pindah ke sd?

      Hapus
  3. Bagaimana cara mendapat SK mutasi nya?

    BalasHapus
  4. Jika saya sudah bersertifikasi beberapa tahun yang lalu, lalu pindah kota dan mengajar ditempat yang baru sebagai wali kelas SD tapi status pegawai honorer yayasan. Apakah saya berhak mendapatkan dana sertifikasi?

    BalasHapus
  5. Untuk mutasi guru swasta penerima sertifikasi RA paud antar propinsi gimana prosedurnya

    BalasHapus
  6. Saya guru honorer mts swasta sudah sertifikasi mapel ipa. Skrg saya ngajarnya pindah induk dari mts swasta ke smp negeri. Di smp negeri saya ngajar ipa 25 jam. Apakah sertifikasi saya bisa dimutasikan dari mts ke smp negeri?

    BalasHapus
  7. Saya sertifikasi di swasta di daerah...trus saya pindah ke Jakarta bagai mana cara pengurusannya supaya tunjangan tetap cair

    BalasHapus
  8. Percuma komentar ttp gak di respon

    BalasHapus
Silahkan tinggalkan komentar Anda dan terimakasih telah berkunjung di amroe-oemar.blogspot.com semoga artikel yang baru saja anda baca bermanfaat untuk Anda. Selamat berblogging...

Total Tayangan Laman

 
Copyright © 2015. Blognya Amroe - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Back to top