Home » , » Belajar Visual Basic .NET

Belajar Visual Basic .NET

Mengenal VB.NET
Ada pepatah mengatakan tak kenal maka tak tahu, artinya kalau tidak kenal maka harus kenalan dulu supaya tahu.
Nah sekarang saya akan sedikit perkenalkan dulu tentang VB.net ini.

Visual Basic .NET adalah sebuah alat untuk mengembangkan dan membangun aplikasi yang bergerak di atas sistem .NET Framework, dengan menggunakan bahasa BASIC. Dengan menggunakan alat ini, para programmer dapat membangun aplikasi Windows Forms, Aplikasi web berbasis ASP.NET, dan juga aplikasi command-line.
Alat ini dapat diperoleh secara terpisah dari beberapa produk lainnya (seperti Microsoft Visual C++, Visual C#, atau Visual J#), atau juga dapat diperoleh secara terpadu dalam Microsoft Visual Studio .NET.
Bahasa Visual Basic .NET sendiri menganut paradigma bahasa pemrograman berorientasi objek yang dapat dilihat sebagai evolusi dari Microsoft Visual Basic versi sebelumnya yang diimplementasikan di atas .NET Framework.
(Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Visual_Basic_.NET)

Nah lalu apa itu .NET Framework, untuk pembehasan .NET Framework anda bisa searching di google tentang pembahasan .NET Framework karena jika saya bahas disini tidak akan cukup akan terlalu panjang, atau mungkin anda juga bisa lihat disini
http://id.wikipedia.org/wiki/.NET_Framework untuk pembahasan .NET Framework
Apa saja yang anda perlukan untuk memulai belajar VB.NET ?
Ini yang anda perlu siapkan ketika anda ingin belajar VB.NET.
1. Komputer
  • Processor 1.6 Ghz atau lebih tinggi
  • OS yang didukung Windows XP, VISTA, 7, 8, Server 2003, 2008
  • Memori min 1 Gb dan saya sarankan memory diatas 2 Gb untuk kelancaran dan kenyamanan waktu membuat kode program
  • Hardisk min yang kosong 5 Gb

2. Code Editor
  • Visual Studio 2003
  • Visual Studio 2005
  • Visual Studio 2008
  • Visual Studio 2010
  • Visual Studio 2012
  • Visual Studio 2013

Pada tutorial ini saya menggunakan Visual Studio 2010 untuk prakteknya, dan pada tutorial ini saya akan fokuskan dulu pada pembuatan aplikasi Windows Formnya.
Mengenal IDE (Integrated Development Environment) Visual Studio 2013.
Start Page
01 Start Page

Start Page merupakan tampilan yang pertama, ketika anda memulai membuka aplikasi Ms. Visual Studio 2010. Pada start page ini anda akan menemukan beberapa panes salah satunya adalah Recent Project Pane, pane ini menampilkan daftar projek yang sebelumnya anda buat, selain itu ada juga pane lainnya seperti Get Started, Lates News dsb. Anda bisa explore sendiri tentang halaman start page ini.

New Project Dialog
02 New Project
Ketika anda mengklik new project icon pada Start Page, lalu anda akan menemukan tampilan New Project Dialog. Nah disini anda akan diminta untuk memilih projek apa yang anda akan buat, sepeti Windows Form Aplication, Console Aplication dsb.

Design Interface Windows Form Aplication
Seperti dikatakan diawal kita akan fokus dulu pada pembuatan Windows Form Aplication, maka Desain Interface yang akan dibahas disini adalah Desain Interface untuk Windows Form Aplication saja dulu.
03 Design Interface
Sekarang saya akan jelaskan satu persatu apa saja bagian-bagian dari workspace tersebut.
1.  Design View
04 Design View
Design view ini merupakan tempat mendesain form dari program yang akan anda buat.

2. View Code
05 Code View
View code merupakan tempat untuk memberikan perintah atau kode-kode program pada objek-objek yang digunakan dalam pembuatan program nantinya. Untuk menampilkan view code ini anda dapat melakukan dengan 4 cara, yang pertama anda dapat lakukan dengan cara klik 2x pada area form atau pada objek yang akan diberikan perintah; cara yang kedua anda dapat mengklik kanan pada objek yang akan diberi perintah kemudian anda pilih view code, atau anda bisa tekan F7 pada keyboard untuk menampilkan view code ini, atau anda juga bisa klik icon view code  pada solution exproler yang ada disebelah kiri atas.
06 Code View Solution Explorer

3. Toolbox
07 Toolbox
Toolbox merupakan tempat sekumpulan alat yang akan digunakan pada pembuatan program nantinya. banyak sekali alat atau tool disini yang dapat digunakan, misalnya button, textbox, listbox, dll.

4. Data Source
08 Data Source
Data source ini merupakan tempat untuk menghubungkan program dengan database. Selain ke database bisa juga menghubungkan dengan service, menghubungkan dengan object.
5. Solution Explorer
09 Solution Explorer
6. Properties
10 Properties
Properties digunakan untuk mengatur objek-objek yang digunakan pada program yang dibuat.
7. Menubar
11 Menu Bar
Menubar berisi tombol-tombol text yang memiliki fungsi yang berbeda sesuai dengan namanya masing-masing.

8. Toolbar
12 Toolbar
Top Bar merupakan sekumpulan tombol shortcut yang memiliki fungsi untuk menjalankan perintah tertentu dengan cepat.

9. Status bar
13 Status Bar
Status Bar terletak dibagian bagian bawah area program sebelah kiri. Status Bar berisi informasi yang dilakukan saat pembuatan program.

Berikutnya kita akan membuat aplikasi sederhana pada artikel berikutnya Pengenalan Visual Basic Net-1. Semoga bermanfaat…


1 komentar :

  1. dùng dầu gội tresemme có tốt không để có thể sử dụng cho tóc yếu, chăm sóc tóc một cách tốt nhất. Trên thị trường hiện nay có rất nhiều loại thuốc nhuộc cao cấp, hay dùng thử thuốc nhuộm davines nhé, thuốc nhuộm tóc davines giá bao nhiêu và mua ở đâu là tốt nhất?
    Có thể bạn quan tâm rằng cửa kính tự động giá bao nhiêu để có thể lựa chọn cho mình một đơn vị cung cấp và lắp đặt tốt nhất. chúng tôi chuyên cung cấp các sản phẩm cửa tự động cortech hàn quốc chính hãng tốt nhất. Điều đặc biệt hơn, Nhật Bản một đất nước nổi tiếng với nhiều thương hiệu cửa tự động chất lượng cao, tham khảo cổng trượt tự động nhật bản để có một sự lựa chọn tốt nhất.

    BalasHapus
Silahkan tinggalkan komentar Anda dan terimakasih telah berkunjung di amroe-oemar.blogspot.com semoga artikel yang baru saja anda baca bermanfaat untuk Anda. Selamat berblogging...

Total Tayangan Laman

 
Copyright © 2015. Blognya Amroe - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Back to top