Untuk Konsultasi dan Diskusi silahkan gabung ke Grup Telegram kami.
Join Now

Membuat Media Pembelajaran Interaktif dengan Classpoint

Banyaknya media pembelajaran yang dibuat dengan menggunakan berbagai aplikasi yang menuntut guru untuk memiliki pemahaman dan ketrampilan tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Dengan memahami TIK, dapat memudahkan guru dalam membuat berbagai media, seperti : Membuat video pembelajaran dari Kinemaster, Filmora, dan sebagainya. Dan juga membuat media pembelajaran interaktif dari Microsoft PowerPoint yang terintregasi dengan ClassPoint.

Nah, sebelumnya apakah ada yang sudah tahu apa itu ClassPoint ? fitur ClassPoint ini cocok sekali bagi anda yang terampil dalam membuat media pembelajaran melalui Microsoft PowerPoint. Jika belum tahu, di artikel ini penulis akan menjelaskan gambaran umum mengenai apa itu ClassPoint untuk menjadikan guru lebih kreatif dan inovatif dalam membuat media pembelajaran.

Daftar Isi

Media Pembelajaran Interaktif dengan Classpoint

Classpoint adalah software yang dikembangkan oleh Inknoe. Aplikasi ini Hal ini terintegrasi dengan PowerPoint. Classpoint menyediakan banyak fungsi untuk dibuat Materi pembelajaran yang menarik. Dapat meningkatkan keterlibatan antara siswa dan materi pelajaran. Classpoint ini juga memungkinkan guru untuk membuat kuis yang menarik.

Classpoint ini mempunyai beberapa tools pertanyaan yang bisa kita gunakan, sehingga dapat menarik perhatian siswa. Diantaranya adalah bentuk multiple choise, word cloud, short answer, slide drawing, image upload dan whiteboard background. Dan satu lagi hal yang menarik dari classpoint ini adalah, setiap jawaban yang terkumpul, akan selalu disertai nama pengirimnya dan kemudian bisa di simpan, sehingga hal ini akan sangat membantu guru dalam memberikan penilaian proses.

Fitur-Fitur pada Classpoint

Untuk mendukung dalam pembuatan media pembelajaran interaktif dan atraktif, Classpoint dilengkapi dengan fitur-fitur yang mendukung hal tersebut. Fitur-fiturnya antara lain :

  • Membuat Quiz Powerpoint : Slide Anda yang ada dapat diubah menjadi kuis kelas interaktif dengan satu klik tombol.
  • Anatosi dan Papan Tulis : Gunakan alat tinta digital kami untuk dengan mudah membuat anotasi pada slide Anda dan tambahkan papan tulis tak terbatas selama peragaan slide.
  • Menilai Siswa Secara Langsung : Gunakan slide interaktif untuk melibatkan dan menilai siswa di seluruh kelas Anda, dan simpan tanggapan mereka untuk ditinjau lebih lanjut.
Itulah fitur yang dapat dimanfaatkan guru dalam pembelajaran yang dapat meningkatkan interaksi siswa dalam proses pembelajaran di kelas.

Tools pada Classpoint

Untuk melengkapi fitur-fitur di atas, perlu adanya tools spesial yang akan digunakan dalam pembuatan media di dalam Classpoint. Berikut tools-nya :

  • Audience Slide Viewer : Menampilkan slide di browser siswa, biarkan mereka mengikuti presentasi Anda dan mengunduh slide.
  • Quick Poll : Mulai True/False, Yes/No/Unsure atau jenis jajak pendapat ad-hoc lainnya kapan saja dan dapatkan umpan balik instan dari siswa.
  • Pick a Name : Secara acak pilih nama siswa untuk menjawab pertanyaan atau memulai kegiatan kelompok.
  • Share PDF : Satu klik untuk mengonversi slide ke PDF dan kirim ke siswa. Semua anotasi dan papan tulis disertakan.

Tipe Pertanyaan pada Classpoint

Dalam menyajikan sebuah pertanyaan, sebelumnya harus merencanakan model pertanyaan atau quiz apa yang akan diberikan kepada peserta didik. Maka dari itu, Classpoint juga memiliki berbagai tipe atau model pertanyaan yang dapat dibuat guru pada Classpoint, yaitu :

Slide Drawing

Kirim slide ke siswa, biarkan mereka menandai jawaban mereka di atasnya dengan alat gambar kami dan kirim kembali. Anda dapat dengan cepat melewati dan membandingkan jawaban mereka.

Image Upload

Biarkan siswa menanggapi pertanyaan dengan gambar. Mereka dapat menemukan gambar dari drive lokal, melalui pencarian online, atau bahkan dengan mengambil foto jawaban mereka di atas kertas.

Multiple Choice

Siswa diminta untuk memilih satu atau lebih jawaban dari opsi yang diberikan. Jawaban mereka akan dikumpulkan dan tercermin dalam grafik langsung.

Word Cloud

Kata-kata, frasa, atau angka yang dikirimkan oleh siswa akan membentuk awan bagi anda untuk memvisualisasikan kontribusi mereka. Bagus untuk brainstorming atau mengumpulkan pendapat cepat.

Short Answer

Ajukan pertanyaan dan kumpulkan masukan teks dari siswa. Multi-paragraf didukung. Ini adalah cara terbaik untuk mengajukan pertanyaan terbuka.

Bagaimana? apakah anda berminat belajar Classpoint untuk memajukan pembelajaran di lembaga Anda? Jika berminat silahkan bisa melakukan pendaftaran.

Source:
https://wartaguru.id/


Dengan berbagi, kamu tak akan pernah kekurangan. Berbagi dengan orang lain adalah bentuk terbaik mensyukuri apa yang telah kita dapatkan dari sang khalik. Tetap semangat dan terus berkarya...

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda dan terimakasih telah berkunjung di amroe-oemar.blogspot.com semoga artikel yang baru saja anda baca bermanfaat untuk Anda. Selamat berblogging...
© Blog Amroe.web.id. All rights reserved. Developed by Jago Desain